SEMUA TENTANG BK

PERAN & TUJUAN BK

Peran aktif konselor atau guru BK yaitu sebagai wadah untuk membantu siswa mengambangkan dirinya untuk menjadikan peserta didik yang lebih mandiri.Terkait dengan itu tugas atau peranan dari Guru BK tidak terlepas dengan memperoleh pengembangan bakat dan minat

Layanan Bimbingan dan Konseling di SMK bertujuan agar peserta didik mencapai tugas perkembangan yang terdapat pada CL Bimbingan dan Konseling. Secara khusus layanan Bimbingan dan Konseling di SMK mengupayakan agar peserta didik dapat memiliki keputusan karir apakah akan berwirausaha, bekerja, atau melanjutkan pendidikan ke jenjang lebih tinggi. Pemberian layanan Bimbingan dan Konseling selama masa sekolah diharapkan dapat memberikan gambaran kepada peserta didik mengenai bakat dan minat serta kemampuan potensi dirinya sehingga secara ajeg dapat memilih keputusan karir yang sesuai dengan kondisi dirinya

TUGAS GURU BK DISEKOLAH

Secara terperinci tugas-tugas, tanggung-jawab dan wewenang guru bimbingan konseling di sekolah dalam pelaksanaan layanan bimbingan di sekolah, meliputi mengkoordinir penyusunan program bimbingan di sekolah,melaksanakan bimbingan kelompok maupun bimbingan individual Memberikan berbagai informasi kepada siswa tentang hal-hal yang berkaitan dengan pendidikan, pekerjaan,jabatan atau karir.

Adapun tugas Guru BK secara kompleks seperti, 

  1. Membantu siswa mengembangkan kemampuan belajar dalam mengikuti pendidikan dan belajar secara mandiri.
  2. Membantu siswa menangani atau memecahkan masalah -masalah pribadi
  3. Membantu siswa agar dapat membuat pilihan dan keputusan karier secara cepat.
  4. Membantu siswa menangani permasalahan sosial atau masalah yang muncul dalam hubungannya dengan orang lain
  5. Memberikan layanan informasi penting sesuai dengan kebutuhan peserta didik disekolah, dari segi belajar, pribadi, maupun karir.

BIDANG & KOMPONEN BK

Pelayanan bimbingan dan konseling yang memandirikan peserta didik/konseli melalui penyelenggaraan layanan yang mencakup empat bidang, yaitu bidang bimbingan pribadi, bidang bimbingan sosial, bidang bimbingan belajar, dan bidang bimbingan karier yang diprogramkan ke dalam empat komponen pelayanan, yaitu: