LAYANAN BK

LAYANAN BK KEPADA PESERTA DIDIK

Konselor sebagai fasilitator selalu berperan memfasilitasi peserta didik dengan berbagai layanan yang diterapkan. Konselor memberikan layanan berdasarkan need asesment yang diberikan kepada peserta didik dengan tujuan mengidentifikasi kebutuhan-kebutuhannya pada bidang pribadi, sosial, belajar, dan karir. Layanan BK seperti bimbingan klasikal, bimbingan kelompok, konseling individu, konseling kelompok, bimbingan lintas kelas/kelas besar, kunjungan rumah, konsultasi, dll. 

Bimbingan Kelas Besar atau Lintas Kelas

Bimbingan kelas besar atau lintas kelas, merupakan kegiatan yang bersifat pencegahan, pengembangan yang bertujuan memberikan pengalaman, wawasan, serta pemahaman yang menjadi kebutuhan peserta didik, baik dalam bidang pribadi, sosial, belajar, serta karir. Salah satu contoh kegiatan bimbingan lintas kelas adalah sosialisasi seleksi masuk PTN

Bimbingan Klasikal & Kelompok

Bimbingan Klasikal & kelompok merupakan salah satu layanan dasar yang dilaksanakan konselor/guru BK kepada peserta didik dengan memberikan materi-materi yang dibutuhkan peserta didik berdasarkan need assesment yang telah dilakukan konselor di awal tahun ajaran.

Layanan Kunjungan Rumah

Kunjungan rumah atau Home Visit merupakan upaya yang dilakukan Konselor untuk mendeteksi kondisi keluarga dalam kaitannya dengan permasalahan anak/individu agar mendapat berbagai informasi yang dapat digunakan lebih efektif.

Konseling Individu & Konsultasi

Konseling individu adalah layanan pemberian bantuan yang dilakukan secara wawancara tatap muka antara konselor dan konseli dalam rangka pembahasan dan pengentasan permasalahan pribadi yang dialami sehingga konseli dapat menggunakan potensinya untuk mencapai kebahagiaan pribadi maupun sosial dan ke depannya konseli dapat mengatasi masalah yang ada pada dirinya.